Selasa, 04 Desember 2007

LATIHAN PEMANASAN

Sebelum memulai latihan atau pertandingan, seorang guru / pelatih harus mengintruksikan siswa / pemainnya untuk melakukan latihan pemanasan dan meregangkan otot tubuh mereka. Pelemasan otot akan membantu pemain menghindari cedera dan meningkatkan kelenturan tubuh. Konsentrasikan pada otot-otot yang sering digunakan dalam sepak bola.Setiap pemain harus melemaskan otot hingga benar-benar merasa nyaman, kemudian tahan dengan pelan. Pelemasan otot dilakukan sekitar 8 detik. Tidak boleh terlalu kuat atau kasar, tapi juga cukup menahannya.

1. Pelemasan otot Hamstring (otot paha belakang)
Tekuk badan kearah pinggang dengan posisi kaki menyilang dan sentuh jari.
2. Peregangan kebelakang
Dengan kaki melebar toleh kebelakang melalui satu bahu sebisa mungkin. Kemudian putar badan kearah itu dan tahan sekitar 8 detik.
3. Peregangan Quadriceps (paha bagian depan)
Berdiri dengan satu kaki dan tarik kaki lain kebelakang dengan lutut menekuk. Fokus mata pada ruput atau sesuatu benda ditanah untuk membantu menjaga keseimbangan atau cukup dengan menyandarkan badan ke teman.


4. Kunci paha (Groin)
Regangkan badan sambil duduk dan tempelkan kedua telapak sepatu bersama lutut. Condongkan badan kedepan dan coba untuk menekan kebawah dengan perlahan pada tumpuan lutut.
Perlu diingat bahwa setiap siswa / pemain berbeda dan diantara mereka mungkin lebih lentur dan fleksibel dibandingkan dengan yang lain. Setelah melemaskan otot, setiap pemain harus melakukan lari. Arahkan pemain tentang tipe lari yang akan digunakan dalam pertandingan seperti kedepan, kebelakang dan samping. Akhiri dengan lompatan dan melompat dengan gerakan seperti menyundul bola. Setelah itu lakukan latihan untk menghangatkan suhu tubuh dengan cara melakukan sit up dan push up.



Tidak ada komentar: