Selasa, 04 Desember 2007

TES KETERAMPILAN SEPAK BOLA


Tes ini mengukur kecakapan dan keterampilan bermain sepak bola dan dapat digunakan oleh guru penjas untuk mengelompokan siswa serta dapat dipergunakan sebagai dasar pemberian nilai pendidikan jasmani di SMA. Tes keterampilan sepak bola meliputi tes tahan bola (passing dan stoping), tes menggiring bola (dribbling), tes menembak / menendang bola kesasaran dan tes memainkan bola dengan kepala (heading)
1. tes tahan bola (passing dan stoping)
a. tujuan : mengukur keterampilan dan gerak kaki dalam menyepak dan menahan bola
b. alat/fasilitas : bola 2 buah, stopwatch, bangku swedia 4 buah (papan ukuran 3m x 60cm sebanyak 2 buah) dan kapur
c. pelaksanaan :
• siswa berdiri dibelakang garis tembak yang berjarak 4m dari sasaran/papan
• pada aba-aba “ya” siswa mulai menyepak bola kesasaran/papan dan menahannya kembali dengan kaki dibelakang garis tembak kaki yang akan menyepak bola berikutnya kearahnya berlawanan dengan sepakan pertama.
• lakukan gerakan ini bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan selama 30 detik.
• apabila bola keluar dari daerah sepak, maka siswa menggunakan bola cadangan yang telah disediakan.
• gerakan tersebut dinyatakan gagal jika bola ditahan dan disepak didepan garis sepak yang akan menyentuh bola atau hanya menahan danmenyepak nola dengan satu kaki saja.
• cara memberi skor : jumlah menyepak dan menangkis bola yang sah selama 30 detik. Hitungan 1, diperoleh dari satu kali gerakan bola.
2. Tes menggiring bola.
a. tujuan : mengukur keterampilan, kelincahan, dan kecepatan kaki dalam memainkan bola.
b. Alat/fasilitas : bola 2 buah,stopwatch, 6 buah rintangan (tongkat/lembing), tiang bendera dan kapur.
c. Pelaksanaan :
• Pada aba-aba “siap”, siswa berdiri di belakang garis start dengan bola dalam penguasaan kakinya.
• Pada aba-aba “ya” siswa mulai menggiring bola kearah kiri melewati rintangan pertama dan berikutnya menuju rintangan berikutnya sesuai dengan arah panah yang telah ditetapkan sampai siswa melewati garis finis.
• Salah arah dalam menggiring bola, siswa harus memperbaikinya tanpa menggunakan anggota badan selain kaki, dimana siswa melakukan kesalahan dan selama itu pula stopwatch tetap jalan.
• Menggiring bola dilakukan oleh kaki kanan dan kiri bergantian atau minimal salah satu kaki pernah menyentuh bola satu kali sentuhan.
• Gerak tersebut dinyatakan gagal bila :
a) Siswa menggiring bola hanya dengan satu kaki saja
b) Siswa menggiring bola tidak sesuai dengan arah panah.
c) Siswa menggunakan anggota badan selain kaki pada saat menggiring bola.
• Cara memberi skor :
Waktu yang ditempuh oleh siswa dari aba-aba “ya” sampai siswa melewati garis finis. Waktu dicatat sampai 1/10 detik.
3. Tes menembak atau menendang bola kesasaran (shooting)
a. a.Tujuan : mengukur keterampilan, ketepatan dan kecepatan gerak kaki dalam menyepak bola kesasaran.
b. Alat/fasilitas : bola 2 buah, stopwatch, gawang, tali, nomor-nomor, dan kapur.
c. Pelaksanaan :
• Siswa berdiri dibelakang bola diletakan pada sebuah titik berjarak 16,5m didepan gawang.
• Pada saat kaki siswa mulai menendang bola, maka stopwatch dijalankan dan berhenti saat bola mengenai sasaran.
• Siswa diberi tiga kali kesempatan .
• Siswa dinyatakan gagal bila :
a. Jumlah skor dan waktu yang ditempuh bola pada sasaran dalam tiga kali kesempatan.
b. Bila bola hasil tendangan mengenai tali pemisah skor pada sasaran, maka diambil skor terbesar dari kedua sasaran tersebut.
4. Tes memainkan bola dengan kepala (heading)
a. Tujuan : mengukur keterampilan dan gerak kepala serta keseimbangan anggota badan dalam memainkan bola.
b. Alat/fasilitas : bola 1 buah, stopwatch.
c. Pelaksanaan :
• Pada aba-aba “siap”, siswa berdiri bebas dengan bola berada dalam penguasaan tangannya.
• Pada aba-aba “ya”, siswa melempar bola keatas kepalanya dan kemudian memainkan bola tersebut dengan dahi.
• Lakukan gerakan tersebut ditempat selama 30 detik.
• Apabila bola terjatuh, maka siswa mengambil bola itu dan memainkannya kembali ditempat bola tersebut diambil.
• Gerak tersebut dinyatakan gagal jika :
a. Siswa memainkan bola tidak dengan dahi
b. Dalam memainkan bola, siswa berpindah-pindah tempat.

5 komentar:

aRd_ mengatakan...

kriteria untuk hasil tesnya mana?? kalo g ada kriterianya,apa yang membedakan hasilnya??

Unknown mengatakan...

Tolong di evaluasi

Unknown mengatakan...

Apakah sudah valid? Karna kan heading tidak selalu ke atas dan berulang ulang, ada heading shooting ada heading clearence

kelas 5 l pgri mengatakan...

mana norma-normanys

Unknown mengatakan...

Untuk test pengukukuran penguasaan bola sperti apa?