Selasa, 04 Desember 2007

Main sepak bola yuk…!!!


Saat libur sekolah atau liburan akhir pekan banyak anak dan remaja mengisi waktunya dengan bermain sepak bola. Tidak peduli dilapangan becek, jalan raya, atau tanah kosong. Meski tidak memakai sepatu dan baju mereka terlihat gembira menikmati permainan. Canda dan tawa pun menghiasi wajah mereka. Ada yang merasa dirinya seperti pesepakbola profesional. Ada pula yang bergaya seperti pemain idolanya ketika menggiring bola, mencetak gol, atau berperan sebagai kiper. Asyik banget kan? Sebagaian dari mereka sudah tahu aturan sepak bola seperti kick off, tendangan penalti, lemparan kedalam tendangan bebas dan sepak pojok. Namun pada kenyataanya masih saja ada yang salah mengartikan aturan itu. Nggak apa-apa deh, kan masih belajar.
Sepak bola merupakan olahraga yang paling disenangi diindonesia bahkan didunia. Mulai dari anak-anak sampai remaja dan orang dewasa sangat menyukai olahraga ini. Coba saja tanya tim mana yang menjadi favoritnya? Pasti akan menyebutkan tim-tim sepak bola luar negeri. Ditanya pemain jagoan pun mereka pasti akan menyebutkan pemain idolanya masing-masing. Mulai dari pemain legendaris seperti maradona hingga pemain yang sering terlihat dilayar televisi sekarang seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, atau Lionel Messi.
Kalo ingin menjadi pemain sepak bola yang andal dan hebat seperti idolanya, diperlukan latihan sejak kecil. Metode latihannya juga tidak bisa main-main. kalau mau serius menjadi pemain top. Semuanya harus disesuaikan dengan standar nasional dan internasional. Oleh karena itu latihan tidak dilakukan dilapangan saja, tetapi juga harus dilakukan didalam kelas. Maksudnya lebih kemateri pelajaran berupa teori-teori dilapangan.
Mengajarkan sepak bola memang tidak semudah yang dibayangkan apalagi mengajarkannya kepada anak-anak. Guru olahraga / pelatih perlu memahami bahwa sepak bola bagi anak-anak hanyalah suatu permainan. Jika terlalu dipaksakan dikhawatirkan mereka akan jenuh dan mogok latihan. Selain itu si anak pun harus berperan aktif agar kemampuan dan bakatnya bisa diasah dengan baik.

Tidak ada komentar: